Mengenal Jigger ,Kutu Pemangsa Manusia

Mengenal-Jigger-Kutu-Pemangsa-Manusia

Kutu Pemangsa Manusia – Mendengar nama kutu saja mungkin sudah akan membuat anda jijik ,Kutu memang merupakan salah satu hewan antropoda berukuran kecil yang memang sering dianggap sebagai salah satu hama yang paling menjijikan dan merugikan.

Disebut sebagai kutu karena memang ukuran badannya yang sangat kecil hampir sulit dilihat dengan mata telanjang. Jika kita artikan lebih detail kutu merupakan jenis serangga yang tidak bersayap dan berukuran yang sangat kecil dengan hidup sebagai parasit atau benalu yang menempel pada inangnya.

Terdapat berbagai macam jenis kutu yang dapat anda temui di dunia ini dengan memiliki peranan masing-masing sebagai hama ,beberapa jenis kutu yang dapat anda temui ,diantaranya.

  • Kutu Air = merupakan jenis hama yang biasanya dapat anda temui disekitar perairan  ,dengan bentuk yang sangat kecil anda tidak bisa melihatnya tanpaa bantuan mikroskop.
  • Kutu Beras = Jenis kutu atau hama yang dapat anda temui di beras atau biji-bijian lainnya ,hama jenis ini merupakan hama dengan ukuran yang sama dengan kutu yang terdapat pada anjing dan kucing.
  • Kutu Rambut = merupakan jenis kutu yang biasanya terdapat pada bagian rambut manusia ,hidup dengan cara bertelur dan menghisap darah di kepala manusia ,sekali bertelur kutu ini bisa memproduksi sekitar ratusan telur.
  • Kutu Daun = kutu dengan ukuran sebesar kutu beras ,jenis kutu ini menyerang tanaman ,sehingga kerap kali terjadi gagal panen akubat kutu ini.

Dan masih banyak jenis kutu lainnya yang tentu keberadaannya sangat ditakuti oleh sebagian kalangan masyarakat karena sifatnya yang memang merugikan tidak seperti Panduan Deposit Sbobet Basket.

Mengenal Jigger ,Kutu Pemangsa Manusia

Memang benar bila kutu dianggap sebagai hama atau parasit yang sangat merugikan dan bisa saja mengganggu kesehatan manusia ,namun di dunia ini masih terdapat beberapa jenis kutu yang memang dapat mengancam nyawa manusia salah satunya adalah kutu pasir. Apa itu kutu pasir ?

Kutu pasir atau bisa juga disebut sebagai Jigger merupakan kutu yang bila dikategorikan dalam harafiahnya disebut sebagai ‘Tunga Penetrans’ adalah serangga parasit yang dapat ditemukan disebagian besar iklim tropis dan sub-tropis. Jenis kutu ini asli dari Amerika Tengah dan Selatan serta Afrika.

Jenis kutu ini merupakan kutu terkecil yang diketahui selain kutu air ,dalam penelitiannya kutu ini diketahui hanya sekitar 1 mm saja dan ini merupakan jenis parasit yang paling berbahaya yang diketahui dimana biasanya kutu hanya hinggap dan menetap pada inangnya maka dari kutu ini akan memakan inangnya sendiri dengan cara masuk kedalam lapisan kulit serta menggerogoti dan bertelur di dalamnya.

Dikatakan sebagai kutu yang paling berbahaya dikarenakan hanya perlu untuk satu atau dua hari saja sang inang akan merasakan gatal yang sangat kemudian berujung dengan iritasi ,dalam kasus tertentu bila tidak segera ditangani maka kutu tersebut akan menyebabkan pembengkakan yang disebut kapalan kutu dan menjadikan sel tempat yang digerogotinya tersebut menjadi tidak berfungsi.

Ada beberapa kasus yang dimana dikatakan bahwa jigger mulai menyerang inangnya berawal dari kaki ,dimana ketika parasit ini menempel maka seketika si kutu akan langsung menanamkan kepalanya ke jaringan kulit kaki dengan sengaja membiarkan bagian perut yang telah berisikan telur dipermukaan luar ,tidak butuh waktu beberapa lama dengan sedikit sentuhan saja telur ini akan pecah dan menetas ,dan ketika itu terjadi maka si kutu akan mati dan meninggalkan larvanya dan terus berpencar dan menggerogoti sel kulit manusia  sehingga menyebabkan infeksi dan pembengkakan dengan area yang cukup luas.

Bagian / tempat yang telah dihinggap dan digerogoti oleh jigger nantinya akan tubuh manusia yang dihinggapi akan merasakan sakit yang cukup hebat ,selain itu tempat yang digerogoti oleh kutu ini akan meninggalakan bekas luka infeksi dengan ruam yang cukup besar sehingga menjadikan tubuh manusia akan mengalami lubang yang cukup besar layaknya sarang tawon namun dengan posisi membusuk. Lebih parahnya hal tersebut bisa bisa berakibat amputasi pada anggota tubuh yang telah terpapar oleh parasit ini. bahkan ada juga kasus dimana manusia tersebut meninggal dengan tubuh busuk karena dihinggapi oleh jenis kutu mematikan ini.

Ini bukanlah sekedar untuk menakut-nakuti ,beberapa kasus telah terjadi di bagian pemukiman Afrika dimana hampir sekitar 60 persen kasus penyerangan serius yang dilakukan oleh kutu ini tidak hanya itu saja kematian terbanyak juga disebabkan oleh kutu jenis jigger ini dibandingkan dengan kasus kematian yang disebabkan oleh hewan buas seperti singa ,buaya nil maupun kuda nil.

Oleh karena itu  ,saran dari kami adalah selalu waspada akan keberadaan dari kutu pemangsa manusia ini sebab seperti yang kita ketahui bahwa kutu bisa hidup di tempat mana saja bahkan tempat dengan suhu ekstream sekalipun. Selalu jagalah kebersihan serta lingkungan anda agar bisa terhindar dari segala sesuatu yang membahayakan seperti kasus jigger ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*